Komunitas SB1M

Topik kita kali ini yakni Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum. Sebenarnya, enggak harus sekolah khusus untuk jadi MC. Belajar sendiri juga bisa. Toh kawan-kawan semua bisa meniru dari banyak pembawa acara yang sudah terkenal. Tetapi, sekolah khusus pun bagus. Pembelajaran kamu jadi lebih sistematis dan terukur. Kini, di bawah payung pembelajaran broadcasting dan multimedia, banyak muncul sekolah MC. Agenda pendidikannya layaknya kursus.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

1. Sekolah

Ira Koesno, mantan presenter tersohor Liputan 6 SCTV, dengan bendera IKComm-nya, semenjak 2003 merintis pelatihan presenter untuk perseorangan. Memang, program ini belum menjadi core business dari perusahaan yang bergerak di bidang PR dan media consulting itu. Tapi, pelan-pelan bakal ditingkatkan ke dalam training center.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

Becky Tumewu, artis yang dari awal emang menekuni karier presenter program-program hiburan itu, pun membuka sekolah presenter. Namanya MIC, Mastering in Communication. Beraneka ragam program dengan spesialisasi tertentu sudah dibuka. Seperti presenter televisi dan pembawa acara, penyiar radio, DJ (disc jockey), dan public speaking.

Dewi Hughes malah merintis sekolah presenter spesial untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Pengetahuannya sebagai presenter sukses, dipadu dengan ijazah formalnya sebagai lulusan sekolah guru, telah memanggilnya untuk menularkan ilmu lewat sekolah itu. Bareng Neno Warisman, ia juga merancang program parenting untuk para orangtua anak.

Studio Audio Visual, Jogja, pun menyediakan pelatihan-pelatihan jadi presenter profesional. Mereka menawarkan materi-materi seperti praktik one minute talk (OMT adalah bicara cuma 1 menit di depan kamera), shooting lapangan / reportase outdoor, talkshow (shooting di dalam studio / indoor), dan latihan shooting newscaster.

Tak kalah, berbagai ajang audisi seleksi presenter juga digelar. Pembuat acara sepertinya paham betul bahwa ketertarikan masyarakat untuk jadi presenter dewasa ini demikian besar. Chroma Key Communications bekerja sama dengan PT PLN, tahun 2004 lalu memulai sebuah variety show Indonesian Star.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

Ajang Variety show Indonesian Star audisinya disiarkan di Metro TV dan diharapkan sebagai medium pencarian bakat bakal presenter televisi yang handal, baik sebagai presenter berita maupun presenter infotainment. Gak tanggung-tanggung, buat menarik animo masyarakat, hadiah mobil Peugeot 206 disiapkan buat pemenang utama.

Daerah pun tak mau tertinggal. Mereka juga ingin tampil jadi presenter. Ratih TV, sebuah stasiun televisi lokal punya Pemda Kab. Kebumen, mengadakan audisi untuk menentukan calon presenter televisi tersebut. Buktinya, demikian banyak anak remaja yang berbondong-bondong ikut audisi.

2. Berolah

Selain sekolah, mengikuti kursus, dan menambah jam terbang, ada baiknya sahabat semua giat melatih diri. Engkau mencontoh dari para penyanyi yang tak jenuhnya menggembleng diri buat mengelola kualitas suara. Anda belajar dari para atlet olahraga yang tetap menempa diri buat mengontrol kemampuan fisiknya. Engkau belajar dari para tokoh spiritual yang menyiapkan waktu menyepi untuk mengelola kejernihan budinya.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

Berikut ini 3 olah yang mesti dilakukan oleh Anda yang mau menjadi host

Olah raga

Tentu aja, olah raga baik untuk siapa saja. Enggak terkecuali presenter. Olah raga yang konstan bakal mengelola vitalitas tubuh kita. Badan kita akan terlatih buat selalu fit di saat-saat yang melelahkan. Olah raga memungkinkan kalian selalu tampil segar dan bercahaya. Olah raga juga berguna buat mengasah gestur, mimik, dan bahasa-bahasa tubuh lainnya. Nanti, di panggung, dampak latihan teman-teman semua ini akan sangat berguna untuk menyamai ketahanan suara.

Silakan pilih olah raga yang kamu senangi. Mulai yang berat sampai yang ringan. Buat pembentukan badan atau sekedar mengelola kebugaran. Renang, jogging, bersepeda, dan senam, yakni beberapa contoh olah raga ringan yang dianjurkan.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

Olah vocal

Mengingat kemampuan Anda terletak di suara, maka berolah vokal juga merupakan kebutuhan. Latihan ini terdiri dari latihan pernafasan sampai latihan pembentukan otot-otot suara. engkau bisa pergi ke pantai, mengadakan apa yang disebut sebagai “latihan alam”, menghirup-melepas napas, berteriak, mendesah, membentak secara leluasa. Otot-otot diafragma juga teman-teman semua latih di sana, sehingga kalian terampil dalam berbicara di intonasi rendah hingga intonasi tinggi.

Mengikuti kursus vokal juga ada baiknya, supaya kalian dapat semakin mengenal teknik-teknik berseni suara. Juga semakin memahami karakter suara engkau. Pengetahuan itu bermanfaat untuk mengoptimalkan performance engkau. Contohnya, karakter suara kawan-kawan semua ternyata lebih cocok buat tampil di depan ribuan audiens dibandingkan di hadapan forum kecil di ruangan sempit. Sehingga, nanti Anda lebih selektif dalam menerima proposal pekerjaan.

Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum

Olah rasa

Di samping keduanya, yang tidak kalah penting ialah olah rasa. Justru karena pekerjaan ini biasanya berkaitan dengan keramaian, suasana glamour, keriangan, maka sahabat semua wajib mengontrol ketenangan diri. Sebagai presenter sahabat semualah yang menuntun audiens pada suasana tertentu. Bukan kalian yang diterbangkan oleh suasana.

Olah rasa, mungkin dengan meditasi, perenungan, samadi transenden, atau apa pun bakal mendidik teman-teman semua dengan jalan apa mengendalikan upaya-upaya di luar diri Anda. Olah rasa pun mengasah Anda untuk berlatih berkonsentrasi. Banyak aliran meditasi yang dapat engkau ikuti andai tidak ingin menjalankan sendiri. Semua bagus, sejauh kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Sekian informasi tentang Tingkatkan Pengetahuan Kalian Dalam Berbicara Di Depan Umum, semoga artikel kali ini berguna untuk kamu. Mohon post ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Komunitas SB1M
loading...
Program Reseller Pijar Rabbani