Pembawa Acara

Ngetop Jadi Pembawa Acara (MC) dan Host
Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Topik kita sekarang yaitu Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?. Sebetulnya, enggak kudu sekolah khusus buat menjadi Master of Ceremony. Berlatih sendiri juga bisa. Toh kita dapat meniru dari banyak Master of Ceremony yang sudah ngetop. Namun, sekolah khusus pun baik. Pembelajaran Anda jadi lebih terstruktur dan terukur. Saat ini, di bawah payung pembelajaran broadcasting dan multimedia, banyak bermunculan sekolah host. Agenda pelatihannya layaknya kursus.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

1. Sekolah

Ira Koesno, mantan presenter tersohor Liputan 6 SCTV, dengan bendera IKComm-nya, semenjak 2003 membuka pendidikan presenter buat individu. Memang, program ini belum menjadi core business dari perusahaan yang berkecimpung di bidang PR dan media consulting itu. Tapi, pelan-pelan akan ditingkatkan ke dalam training center.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Becky Tumewu, artis yang dari pertama memang menerjuni karier presenter kegiatan-kegiatan hiburan itu, pun membuka sekolah presenter. Namanya MIC, Mastering in Communication. Berbagai ragam program dengan spesialisasi tertentu sudah dibuka. Di antaranya presenter televisi dan pembawa acara, penyiar radio, DJ (disc jockey), dan public speaking.

Dewi Hughes malah membuka sekolah presenter khusus buat anak-anak usia 6-12 tahun. Profesionalismenya sebagai presenter sukses, dipadu dengan ijazah formalnya sebagai lulusan sekolah guru, sudah memanggilnya buat menularkan ilmu melalui sekolah itu. Bareng Neno Warisman, ia pun mengonsep program parenting bagi para orangtua anak.

Studio Audio Visual, Jogja, pun melakukan pendidikan-pendidikan jadi presenter profesional. Mereka menawarkan materi-materi seperti praktik one minute talk (OMT yakni bicara cuma satu menit di depan kamera), shooting lapangan / reportase outdoor, talkshow (shooting di dalam studio / indoor), dan latihan shooting newscaster.

Gak kalah, beragam ajang audisi penentuan presenter juga digelar. Penyelenggara sepertinya paham betul bahwa ketertarikan masyarakat buat jadi presenter sekarang ini begitu besar. Chroma Key Communications bekerja sama dengan PT PLN, tahun 2004 lalu memulai sebuah variety show Indonesian Star.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Ajang Variety show Indonesian Star audisinya disiarkan di Metro TV dan direncanakan sebagai medium pencarian bakat calon presenter televisi yang handal, baik sebagai presenter berita ataupun presenter infotainment. Gak tanggung-tanggung, untuk memikat atensi masyarakat, hadiah mobil Peugeot 206 disediakan buat pemenang utama.

Daerah pun enggak mau ketinggalan. Mereka pun ingin tampil menjadi presenter. Ratih TV, sebuah stasiun televisi lokal milik Pemerintah Kab. Kebumen, melangsungkan audisi untuk memilih calon presenter televisi tersebut. Buktinya, begitu banyak anak remaja yang berjejal mengikuti audisi.

2. Berolah

Selain sekolah, ikut kursus, dan menambah jam terbang, ada bagusnya kamu tekun melatih diri. Sahabat semua mencontoh dari para penyanyi yang tak jenuhnya menempa diri buat mengelola kualitas suara. Anda mencontoh dari para atlet olahraga yang terus menerus menggembleng diri untuk memelihara kemampuan fisiknya. Anda mencontoh dari para tokoh spiritual yang menyiapkan waktu menyepi untuk mengontrol kejernihan budinya.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Berikut ini 3 olah yang perlu dilakukan oleh engkau yang ingin jadi MC

Olah raga

Tentu aja, olah raga bagus buat siapa aja. Tidak terkecuali presenter. Olah raga yang berkala bakal mengelola vitalitas badan kamu. Tubuh Anda akan terlatih buat selalu fit di saat-saat yang melelahkan. Olah raga memungkinkan Anda terus tampak segar dan bersinar. Olah raga sekaligus berfungsi buat melatih gesture, mimik, dan bahasa-bahasa tubuh lainnya. Kelak, di panggung, pengaruh latihan Anda ini akan amat berguna untuk mengimbangi kemampuan suara.

Silakan pilih olah raga yang kalian mau. Dari yang berat hingga yang ringan. Untuk pembentukan tubuh atau semata-mata menjaga kesehatan. Renang, jogging, bersepeda, dan senam, adalah beberapa sampel olah raga ringan yang direkomendasikan.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Olah vocal

Mengingat kekuatan engkau terletak di suara, maka berolah vokal juga merupakan keharusan. Latihan ini terdiri dari latihan pernafasan hingga latihan pembentukan otot-otot suara. Kawan-kawan semua dapat berangkat ke pantai, mengerjakan apa yang dinamakan sebagai “latihan alam”, menghirup-melepas napas, berteriak, mendesah, membentak secara leluasa. Otot-otot diafragma pun kalian latih di sana, sehingga Anda mahir dalam berbicara di nada rendah sampai intonasi tinggi.

Mengikuti sekolah vokal pun ada bagusnya, biar Anda bisa makin mengerti kiat-kiat berseni suara. Juga makin mengetahui karakter suara kamu. Pengetahuan itu bermanfaat untuk memaksimalkan performance kalian. Misalnya, karakter suara Anda ternyata lebih cocok untuk tampil di hadapan ribuan audiens dibandingkan di depan forum kecil di ruangan sempit. Sehingga, nanti kita lebih selektif dalam menerima proposal kerjaan.

Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?

Olah rasa

Di luar keduanya, yang gak kalah urgen yaitu olah rasa. Justru karena pekerjaan ini biasanya bersentuhan dengan keramaian, suasana glamor, kesemarakan, maka kamu harus mengendalikan ketenangan diri. Sebagai presenter kalianlah yang menggiring penonton kepada suasana tertentu. Bukan kawan-kawan semua yang dihempaskan oleh suasana.

Olah rasa, entah dengan meditasi, perenungan, samadi transenden, atau apa pun akan menggembleng teman-teman semua macam mana menjaga energi-energi di luar diri kalian. Olah rasa juga mendidik kita buat belajar berkonsentrasi. Banyak aliran meditasi yang bisa kamu ikuti andaikan tidak ingin melaksanakan sendiri. Semua baik, sejauh kita melaksanakannya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Sekian info berkaitan dengan Tingkatkan Wawasan Berbicara Di Depan Umum Bagi Pekerjaan Kamu ? Mengapa Tidak ?, semoga artikel ini membantu temen-temen. Mohon artikel ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.